Anatomi Fisiologi Sistem Neurobehavior

2.2 Anatomi dan Fisiologi Sel-sel saraf
            System persarafan terdiri atas sel saraf (neuron) dan sel penyokong (neuroglia dan sel Schwann). Kedua jenis sel tersebut demikian erat berkaitan dan terintegrasi satu sama lain sehingga bersama-sama berfungsi sebagai satu unit.
NEURON
            Susunan saraf pusat manusia terdiri atas sekitar 100miliar neuron. Neuron adalah suatu sel saraf dan merupakan unit anatomi dan fungsional system persarafan.
Struktur Neuron :
Neuron – neuron dapat mempunyai berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda, salah satunya adalah tipe neuron multipolar yang merupakan jenis yang paling banyak terdapat didalam system saraf pusat.
 
BADAN SEL
            Secara relative badan sel lebih besar dan mengelilingi nucleus yang didalamnya terdapat nucleolus. Di sekelilingnya terdapat perikarion yang berisi neurofilamen yang berkelompok yang disebut neurofibril. Diluarnya terhubungkan dengan denrit dan akson yang memberikan dukungan terhadap proses –proses fisiologis.
DENDRIT
            Denrit adalah tonjolan yang menghantarkan informasi menuju badan sel. Merupakan bagian yang menjulur keluar dari badan sel dan menjalar ke segala arah. Khususnya di korteks serebri dan serebellum,denrit mempunyai tonjolan – tonjolan kecil bulat,yang disebut tonjolan dendrite. Neuron tertentu juga mempunyai akson fibrosa yang panjang yang berasal dari daerah yang agak tebal di badan sel,yaitu akson hilok (bukit akson).
AKSON
            Tonjolan tunggal dan panjang yang menghantarkan informasi keluar dari badan sel disebut akson.
            Dendrit dan akson,secara kolektif sering disebut sebagai serabut saraf atau tonjolan saraf. Kemampuan untuk menerima,menyampaikan,dan meneruskan pesan – pesan neural disebabkan sifat khusus membrane sel neuron yang mudah dirangsang dan dapat menghantarkan pesan elektrokimia.
KLASIFIKASI STRUKTUR NEURON
            Klasifikasi struktur neiuron berdasarkan pada hubungan antara dendrit,badan sel , dan akson mencakup :
a)      Neuron tanpa akson
Secara struktur lebih kecil dan tidak mempunyai akson. Neuron ini berlokasi di otak dan berapa organ perasa khusus.
b)      Neuron bipolar
Ukuran dari neuron bipolar lebih kecil didandingkan dengan neuron unipolar dan multipolar. Neuron bipolar sangat jaranh ada, tetapi mereka ada di dalam organ perasa khusus, neuron ini menyiarkan ulang informasi tentang pengelihatan, penciuman , dan pendengaran dari sel – sel yang peka terhadap rangsang ke neuron – neuron lainnya.
c)      Neuron unipolar
Di dalam suatu neuron unipolar,dendrite dan akson melakukan proses secara berlanjut. Dalam suatu neuron,segmen awal dari cabang dendrite membawa aksi potensial dan neuron ini memiliki akson. Beberapa neuron sensorik dari saraf tepi merupakan neuron unipolar dan sinaps neuron berakhirdi system saraf pusat (SSP).
d)     Neuron multipolar
Neuron multipolar lebih banyak memiliki dendrite dan dengam satu akson. Neuron ini merupakan tipe neuron yang sebagian besar berada di SSP. Contoh tipe neuron ini adalah seluruh neuron motorik yang mengendalikan otot rangka.
 
KLASIFIKASI FUNGSIONAL
            Neuron-neuron juga dikategorikan berdasarkan kelompok fungsionalnya meliputi :
a.       Neuron sensorik
Neuron sensorik berasal dari divisi aferen dari system saraf tepi (SST). Neuron ini membawa informasi dari reseptor pesan sensorik untuk dibawa ke system saraf pusat.
Reseptor sensorik yang lebih spesifik meliputi :
–          Eksteroseptor , menyediakan informasi tentang kondisi lingkungan luar dan informasi yang didapat dari sentuhan, suhu , sensasi tekanan dan informasi yang didapat dari indera seperti penglihatan, penciuman, pendengaran dan peraba.
–          Proprioseptor , memonitor keadaan posisi dan pergerakan otot rangka dan sendi
–          Interoseptor , memonitor kondisi system pencernaan, pernafasan , kardiovaskular , perkemihan , reproduksi serta beberapa sensasi perasa dan rasa nyeri.
b.      Neuron motorik
Neuron motorik atau neuron eferen membawa instruksi-instruksi dari SSP menuju efektor perifer. Neuron ini akan menstimulasi atau memodifikasi aktivitas dari jaringan-jaringan perifer , organ atau system organ. Tubuh manusia memiliki sekitar 500.000 neuron motorik.
c.       Interneuron
Interneuron atau neuron asosiasi berada di antara neuron sensorik dan motorik. Interneuron terdapat diseluruh otak dan batang otak.
NEUROGLIA
            Adalah sel penyokong untuk neuron-neuron SSP sedangkan sel Schwann menjalankan fungsi tersebut pada SST. Ada 4 sel neuroglia :
a.       Mikroglia
b.      Ependimal

c.       Astroglia

 

Iklan

One thought on “Anatomi Fisiologi Sistem Neurobehavior

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s