Cegah Serangan Jantung Dari Sekarang

Mati di usia muda karena serangan jantung? Apa yang terpikirkan di benak Anda? Hampir bisa dipastikan semuanya tidak berharap hal ini tidak terjadi pada dirinya masing-masing. Tetapi, apakah hal ini mungkin terjadi? Jawabannya akan menjadi mungkin bahkan sangat mungkin ketika Anda mengetahui faktor-faktor risiko yang sekiranya mendukung untuk ke arah penyakit ini yang walaupun lebih banyak terjadi pada orang-orang tua, namun bisa juga melanda usia di bawah 40 tahun.

Dua tahun yang lalu penulis yang kebetulan berprofesi sebagai dokter umum, berhadapan dengan seorang pasien berumur 33 tahun bersama istrinya yang kebetulan adalah seorang karyawan yang sangat produktif dan menduduki posisi penting di perusahaannya. Awalnya, pasien ini datang dengan keluhan panas badan serta batuk pilek yang sudah berlangsung selama 3 hari, namun ketika penulis melakukan wawancara mendalam serta pemeriksaan fisik didapatkan banyak sekali gangguan kesehatan yang dimilikinya seperti: berat badan lebih, hipertensi atau darah tinggi, dan kebiasaan merokok 2 bungkus sehari. Setelah dilakukan pengobatan terhadap panas serta batuk pilek dan darah tinggi yang dikeluhkan, penulis tidak lupa merekomendasikan pasien ini untuk melakukan MCU (Medical Check Up). Terkejut dengan beberapa hasil pemeriksaan laboratorium yang abnormal: kolesterol, asam urat, dan sedikit gangguan pada hati, dan pasien ini telah menjalankan pengobatan kembali terhadap hasil laboratorium yang buruk ini, namun, sayangnya pasien tetap tidak melakukan pola hidup sehat seperti menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi makanan yang berlemak, hingga latihan fisik yang cukup, hingga 2 minggu berikutnya penulis mendapatkan berita dari istri pasien melalui telepon bahwa ia sedang dilakukan perawatan di salah satu rumah sakit swasta di kota Bandung akibat serangan jantung yang didapatkan dari hasil pemeriksaan EKG (Elektro Kardio Gram) yaitu suatu alat rekam untuk mengetahui aktivitas listrik jantung yang mampu mendeteksi adanya gangguan pada jantung, dan pasien dinyatakan menderita PJK (Penyakit Jantung Koroner). Mengejutkan, bahkan sampai saat ini pun masih terus terpikirkan di benak penulis bahwa di usia semuda itu sudah mendapatkan penyakit yang seharusnya banyak ditemukan di usia tua.

Petikan cerita diatas bukan berarti tidak mungkin terjadi pada Anda semua yang menerapkan pola hidup yang tidak sehat di usia muda. PJK adalah salah satu pembunuh manusia nomor satu di dunia ini. Pergeseran kejadian penyakit ini dari usia tua ke muda sangat mungkin terjadi dengan beberapa faktor-faktor risiko yang bisa juga ditemukan pada usia muda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s