RAPOR PEMAIN BRASIL DI PIALA DUNIA 2014

Manager : Luiz Felipe Scolari (BRA)
Prestasi Tim : Juara 4
Nilai Rata-Rata Tim (dari pemain yang tampil): 7,8

ⓑⓡⓐⓢⓘⓛ ②ⓞ①④

[GK] JULIO CESAR | 8,1
7 Matches, 13 Goal Conceded, 1 Clean Sheet, 0 Goals, 0 Assists
Tampil memuaskan dalam 5 penampilan awal. Bahkan ia dianugerahi gelar Man Of The Match pada pertarungan melawan Chile pada babak perdelapan final. Namun di 2 pertandingan terakhir, gawangnya dibobol 10 gol. Dengan usianya yang makin menua, Brasil kini punya PR tambahan untuk mencari suksesor Cesar.

[GK] JEFFERSON
0 Matches, 0 Goal Conceded, 0 Clean Sheets, 0 Goals, 0 Assists
Tidak mendapat menit bermain

[GK] VICTOR
0 Matches, 0 Goal Conceded, 0 Clean Sheets, 0 Goal, 0 Assists
Tidak mendapat menit bermain

[DF] DAVID LUIZ | 8,7
7 Matches, 2 Goals, 1 Assist
Sama halnya dengan Julio Cesar, Luiz menunjukan performa fantastis dalam 5 laga awal di Piala Dunia. Ia tampil bak ‘singa lapar’ di jantung pertahanan Tim Samba. Namun di 2 pertandingan terakhir ia mengalami penurunan performa yang signifikan. Bahkan punggawa baru PSG ini tampil terlalu menyerang di 2 pertandingan tersebut. Bagaimanapun, golnya ke gawang Kolombia adalah salah satu yang terbaik sepanjang turmanen ini.

[DF] THIAGO SILVA (c) | 9
6 Matches, 1 Goal, 1 Assist
Menjadi tembok kokoh Brasil nyaris sepanjang turnamen. Namun penampilan cemerlangnya di 5 laga awal tercoreng oleh 3 gol Belanda pada partai perebutan Juara 3. Bahkan pada pertandingan tersebut Silva menjadi biang terciptannya gol penalty Robin van Persie, setelah ia menjatuhkan Arjen Robben di kotak terlarang.

[DF] MARCELO | 8,3
6 Matches, 0 Goals, 1 Own Goal, 2 Assists
Tampil cukup memuaskan sepanjang turnamen, meski mengawali turnamen dengan gol bunuh diri dan disebut-sebut sebagai kambing hitam saat Brasil dilumat Jerman 1-7. Kolaborasinya dengan Neymar merepotkan pertahanan lawan. Tak heran ketika Neymar absen, Marcelo dipaksa bekerja sangat keras saat membantu penyerangan sehingga meninggalkan celah di sisi kiri pertahanan Brasil.

[DF] DANIEL ALVES | 8
4 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Menjadi pilihan utama pada 4 laga awal, Dani Alves kemudian harus memberikan tempat pada Maicon akibat performa tidak maksimal yang ia tunjukan. Brasil sepertinya harus berpikir ulang jika ingin menggunakan jasanya setelah Piala Dunia. Hal ini dikarenakan penampilannya cenderung menurun dari tahun kejayaan.

[DF] MAICON | ? (7,5)
3 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Usia memang memiliki peran penting bagi karir pesepakbola. Akibatnya penampilan pas-pasan yang ditunjukan Maicon tidak cukup membantu tim meraih kesuksesan.

[DF] DANTE | ? (6,5)
1 Match, ? Goals, ? Assists
Tampil buruk saat dibutuhkan. Sekali tampil pada pertandingan krusial melawan Jerman, ia terlihat seperti anak-anak. Ia sama sekali kehilangan kemampuannya dalam pertandingan itu.

[DF] MAXWELL | 7
1 Match, 0 Goals, 0 Assists
Diberi kesempatan tampil pada laga perebutan Juara 3, Maxwell gagal menunjukan performa yang lebih baik ketimbang Marcelo. Bahkan gol-gol yang diciptakan Belanda semua berawal dari bocornya sisi yang ia kawal. Setelah Piala Dunia, ia mungkin akan disingkirkan Felipe Luis dari skuad Brasil.

[DF] HENRIQUE
1 Match, 0 Goals, 0 Assists
Menit bermain terlalu sedikit untuk dinilai

[MF] OSCAR | 8,6
7 Matches, 2 Goals, 2 Assists
Meski diposisikan melebar saat Neymar bermain, Oscar menunjukan performa yang impresif sepanjang turnamen. Bahkan pada laga perebutan Juara 3, Oscar seakan-akan menjadi satu-satunya pemain Brasil yang bermain. Aksi-aksinya bakal terus dinanti rakyat Brasil.

[MF] RAMIRES | 7,7
7 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Meski selalu diturunkan dalam 7 laga Brasil di Piala Dunia 2014, Ramires tidak memperlihatkan sesuatu yang istimewa dalam permainannya. Ia tampil biasa saja baik sebagai gelandang tengah maupun sayap kanan.

[MF] LUIZ GUSTAVO | 8,4
6 Matches, 0 Goals, 1 Assist
Sangat disayangkan, penampilannya begitu kokoh di awal turnamen, kemudian menjadi tidak begitu istimewa di akhir turnamen. Dalam 4 laga awal ia seperti tembok tebal di lini tengah Brasil, namun tampil biasa saja pada 2 laga terakhir.

[MF] ‘PAULINHO’ | 7,7
6 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Gagal mengulang performa menawan saat Piala Konfederasi tahun lalu. Pada turnamen ini, Paulinho seakan berlari tanpa tujuan. Hanya sekali ia menunjukan kontribusi signifikan, itupun dengan motivasi yang diberikan pada rekan-rekannya saat adu penalti melawan Cile.

[MF] ‘FERNANDINHO’ | 7,8
5 Matches, 1 Goal, 0 Assists
Sedikit lebih baik ketimbang Ramires dan Paulinho. Ia menunjukan peran penting saat menggantikan peran Luis Gustavo di laga perempat final melawan Kolombia. Ia juga sukses menceploskan 1 goal saat mengahadapi Kamerun. Meski di luar 2 pertandingan tersebut ia terlihat biasa saja.

[MF] WILLIAN | 7,5
5 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Tidak mampu memberikan kontribusi maksimal untuk mempertajam serangan-serangan Brasil. Ia juga bukan kreator serangan yang handal di turnamen ini, meski dibekali skill individu yang baik.

[MF] BERNARD | 7,5
3 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Kecepatannya hanya digunakan untuk merepotkan lawan. Karena setelah berlari ia kemudian mencoba memberi umpan silang yang tidak cukup akurat. Saat punya ruang tembak, akurasi tembakannya juga terlihat sangat buruk.

[MF] HERNANES | 7,5
3 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Selalu ditampilkan sebagai gelandang tengah pada 3 laga yang ia jalani, Hernanes pun gagal menunjukan keahliannya sebagai playmaker. Dilihat dari performa yang ia tunjukan serta dari segi usia, mustahil bisa menggeser Oscar sebagai playmaker utama Brasil.

[FW] FRED | 7,4
6 Matches, 1 Goal, 0 Assists
Sama halnya seperti Paulinho, Fred kehilangan performa cemerlangnnya seperti saat Piala Konfederasi tahun lalu. Ia terlihat seperti macan ompong di kotak penalty lawan. Padahal ia dipercaya sebagai starter dalam 6 laga Brasil.

[FW] ‘HULK’ | 7,6
6 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Selain laga melawan Cile, penampilan Hulk dalam 5 laga lainnya tidak sesuai ekspektasi. Kekuatan tembakan yang ia miliki tidak disertai dengan akurasi yang memadai. Ia pun terlalu mudah jatuh.

[FW] NEYMAR JUNIOR | 8,5
5 Matches, 4 Goals, 1 Assist
Pemuda 22 tahun sukses menjawab keraguan publik dengan performa impresif. Punggawa Barcelona ini sukses menceploskan 4 goal dan menyumbang 1 assist. Sangat disayangkan aksinya terhenti di babak perempat final setelah mendapat cedera yang cukup parah. Tanpa Neymar, Brasil pun kesulitan di 2 pertandingan selanjutnya.

[FW] JO | 7,2
3 Matches, 0 Goals, 0 Assists
Kehadirannya di lapangan dalam 3 laga sepertinya hanya sebagai pelengkap, ia sama sekali tidak membantu tim. Kualitasnya tidak terlihat sama sekali.