CUCI GUDANG ALA VAN GAAL

>> Kedatangan Louis van Gaal di Old Trafford nampaknya akan disertai perubahan besar-besaran. Alexander Buttner nampaknya bukan satu-satunya pemain yang bakal meninggalkan MU musim ini. Tetapi ada 7 pemain lain yang disebut-sebut bakal angkat kaki dari ‘Teater Impian’. Selain 7 nama tersebut masih ada pula 3 pemain yang berpotensi didepak dari skuad ‘Setan Merah’

Telah Terdepak :
LB;SM/WG | ALEXANDER BUTTNER
Kedatangan pelatih yang juga berasal dari Belanda, LvG ternyata tidak menjamin keberadaan Buttner di Old Trafford. Pria yang saat debutnya bersama United sukses menceploskan 2 goal, akan bermain bersama Dynamo Moscow di musim ini ..

Hampir Pasti Terdepak :
CB;RB | CHRIS SMALLING
Bersama Phil Jones, Smalling digadang-gadang akan menjadi penerus duet legendaris MU, Rio Ferdinand – Nemanja Vidic. Namun nampaknya nasib Jones lebih baik dibanding koleganya. Smalling bahkan ramai diberitakan akan dijadikan pelicin dalam usaha MU memboyong Thomas Vermaelen dari Arsenal.

CM;AM,SM/WG | TOM CLEVERLEY
Sempat memikat penggemar United saat menjalani musim pertamanya bersama tim utama MU. Ia bahkan disebut-sebut sebagai penerus Paul Scholes. Namun ternyata penampilan sangat tidak konsisten dan cenderung menurun. Sebagai bukti, ia gagal menembus skuat Timnas Inggris di Piala Dunia lalu.

CM,AM | ANDERSON OLIVEIRA
Sama halnya dengan Clevy, Ando tampil mengkilap di musim perdananya. Namun kemudian menurun di musim-musim selanjutnya. Di pertengahan musim lalu, ia sempat dipinjamkan ke Fiorentina. Namun ia juga tetap gagal mengembalikan top formnya.

SM/WG;CF | LUIS ‘NANI’
Pemain yang satu ini diharapkan mampu menggantikan seniornya Cristiano Ronaldo. Namun Nani memiliki masalah dengan konsistensi. Ia sering salah mengambil keputusan, kapan harus mengoper, dan kapan harus mendribble bola, serta seringkali terlalu lama memgang bola. Pria Portugal ini kini dikaitkan dengan duo Serie-A, AC Milan dan Juventus.

SM/WG;SS | WILFRED ZAHA
Merupakan salah satu peninggalan Sir Alex Ferguson, meski ia tak sempat merasakan polesan sang pelatih Legendaris. Maklum, Fergie memboyongnya pada januari 2013, namun dalam kesepakatan kontrak, ia baru benar-benar resmi menjadi pemain MU pada bulan Juli 2013, 1 bulan sesudah Sir Alex menyatakan pensiun dari dunia kepelatihan. Musim lalu ia gagal mencuri perhatian, bahkan ketika diberi menit bermain yang cukup banyak saat dipinjamkan ke Cardiff City. Alhasil iapun tidak masuk dalam rencana LvG.

SM/WG;SS | ‘BEBE’
Selalu dipinjamkan di setiap musim sejak didatangkan MU. Musim lalu ia tampil cukup baik saat memperkuat Pacos de Ferreira. Namun nampaknya itu belum cukup untuk membuatnya dipertahankan van Gaal.

CF | JAVIER ‘CHICHARITO’ HERNANDEZ
Sang ‘Super-Sub’ yang sering dibandingkan dengan legenda MU, Ole Gunnar Solksjaer, nampaknya juga tidak masuk dalam rencana van Gaal. Seperti diketahui sang pemain pun sebenarnya juga tidak lagi betah di MU setelah tidak menjadi pilihan utama. Maklum ia harus bersaing dengan dua nama besar, Robin van Persie dan Wayne Rooney ..

Potensi Terdepak :
RB;SM/WG | RAFAEL DA SILVA
Rafael sebenarnya merupakan salah satu bek muda potensial. Namun entah mengapa, masa depannya menjadi tidak jelas setelah MU ditangani LvG. Bisa jadi, van Gaal menilai pria Brasil tersebut tidak cocok dengan skema yang akan diterapkan.

CM;DM,SM/WG | DARREN FLETCHER
Setelah berhasil sembuh dari penyakit Radang Usus yang ia derita, dan memaksanya absen panjang, ia kesulitan mengembalikan performa terbaiknya. Dan memang jika dilihat dari gaya mainnya. Ia tidak cocok dengan gaya LvG.

SM/WG;SS | ASHLEY YOUNG
Inilah pemain yang sering menjadi sasaran kritik para pendukung MU musim lalu. Sama halnya seperti Nani, eks Aston Villa ini tampil inkonsisten, dan cenderung terlalu monoton. Ini membuat masa depannya di Old Trafford menjadi abu-abu ..

>> Ada yang ditendang, ada pula yang didatangkan. Selain itu ada pula yang berpeluang dipromosikan ke skuad utama. Van Gaal sendiri memang dikenal ramah terhadap pemain muda. Sehingga bukan hal aneh jika MU makin ‘segar’ musim ini

Potensi Dipromosikan ke Skuad Utama :
CB;RB | MICHAEL KEANE
Salah satu bek potensial binaan MU. Ia punya peluang besar masuk skuad utama MU, mengingat dalam skema 3-5-2 yang sepertinya bakal diterapkan LvG di MU membutuhkan lebih banyak bek tengah.

AM,SM/WG | JESSE LINGARD
Bersama Adnan Januzaj dan Wilfred Zaha, Lingard sempat tampil gemilang saat tur pra musim 2013/2014. Namun hanya Januzaj yang konsisten tampil bersama skuad utama. Kesempatan bagi Lingard kini terbuka kembali seiring kedatangan ‘Meneer Belanda’.

SM/WG,SS;CF | TOM LAWRENCE
Sempat ditampilkan oleh Carateker Ryan Giggs di pekan ke 37 Liga Premier Inggris musim lalu. Penampilannya pun tidak mengecewakan. Hal ini membuat ia berpeluang ‘diangkut’ ke skuad utama era van Gaal.

CF;SM/WG,SS | JAMES WILSON
Menceploskan 2 gol dalam pertandingan debutnya bersama MU. Manajemen MU lantas menolak semua proposal peminjaman sang pemain. Sepertinya ia paling berpeluang mengikuti jejak Januzaj bergabung di tim utama.

CF;SS | WILL KEANE
Saudara Michael Keane, yang juga sempat dilibatkan di beberapa pertandingan tim utama di era Sir Alex ini kembali mendapat angin segar dengan datangnya Louis van Gaal ke Old Trafford. Kini, ia kembali mendapat kesempatan ‘naik kelas’ ..

Pemain Baru :
LB;SM/WG | LUKE SHAW
Bek kiri masa depan Inggris yang sukses ‘menendang’ Ashley Cole dari skuad ‘Tiga Singa’ di Piala Dunia 2014 lalu ini didatangkan dengan mahar yang cukup besar untuk seorang pemain muda. Fleksibilitasnya membuat ia bakal cepat beradaptasi dengan skema 3-5-2 ala LvG.

CM,AM | ANDER HERRERA
Gelandang pekerja keras yang disebut-sebut punya gaya main yang mirip dengan Paul Scholes ini akan menjadi pilihan bagus bagi van Gaal di lini tengah. Apalagi penggemar Manchester United rindu dengan aksi-aksi Scholsy. Ander diharapkan bisa mengobati kerinduan itu ..

>> Tak berhenti sampai disini, MU masih terus dikaitkan dengan beberapa nama top. Diantaranya Mats Hummels, Thomas Vermaelen, Wesley Sneijder, Arturo Vidal, Angel di Maria, dan Marco Reus. Menarik ditunggu kelanjutan aksi MU dengan van Gaalnya di bursa transfer yang akan ditutup awal september mendatang.