JIKA CARRICK YANG DIPASANG MENGGANTIKAN ANDER HERRERA

Tampil enerjik saat ditandemkan bersama Daley Blind dan Angel di Maria (juga Wayne Rooney) di lini tengah membuat Ander Herrera menjelma menjadi salah satu pemain penting bagi Manchester United. Dalam pola 4-4-2 Diamond yang digunakan van Gaal, peran Ander begitu menonjol. Agresivitas Angel di Maria (di sisi kiri diamond) dan Wayne Rooney (yang memang ditempatkan di bagian depan diamond). Membuat Ander yang sejatinya dipasang di sisi kanan diamond bergerak nyaris di sepanjang area di lini tengah untuk melapis Daley Blind yang ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Penampilan enerjik itulah yang membuat ia sering melakukan intersep. Koleksi 2 golnya pun menunjukan ia bisa dengan cepat merangsek ke depan untuk menambah opsi ‘eksekutor’ MU. Dengan peran Box-to-Box yang ia mainkan, ia pun lantas menjadi pemain MU yang daya jelajahnya paling tinggi.

Sayang, di saat ia sedang berada dalam performa yang mengesankan, Ander bakal menghilang selama kurang lebih 3 pekan mendatang akibat cedera punggung yang ia alami. Bersamaan dengan cederanya Ander, Michael Carrick yang notabene merupakan jenderal permainan MU dalam beberapa musim terakhir sepertinya sudah siap untuk diturunkan. Carrick memang sudah terlihat mengikuti sesi latihan MU dalam beberapa waktu terakhir setelah pulih dari cedera. Meski merupakan opsi terbaik menggantikan posisi Ander Herrera, hampir pasti Carrick tidak akan memainkan peran sebagai Box-to-Box Midfielder mengingat Carrick lebih bertipe Stylish, berbeda dengan Ander yang seorang petarung.

Dengan demikian, saya melihat ada 3 kemungkinan yang akan terjadi jika Carrick yang dipilih menggantikan Ander.

1. Carrick di ujung belakang Diamond, Blind didorong ke depan

Dengan kemampuan bertahan, intersep, serta badan yang lebih kekar, ada kemungkinan Carrick yang akan dipasang sebagai Holding Midfielder. Mengingat ia pun punya kemampuan passing yang tak kalah (bahkan mungkin lebih baik) dari Blind. Penempatan Carrick di posisi ini, membuat Blind bakal didorong sedikit ke depan untuk menggantikan Ander sebagai seorang Box-to-Box Midfielder. Ditambah dengan kemungkinan satu pos di ujung depan diamond bakal ditempati Juan Mata (menggantikan posisi Wayne Rooney yang terkena skorsing 3 pertandingan), Membuat lini tengah MU akan lebih padat.

2. Memainkan Carrick-Blind sebagai Double Pivot

Kemungkinan kedua adalah MU kembali ke pola 4-4-2 Flat (atau 4-4-1-1, dengan van Persie bergerak liar di belakang Falcao). Di lini tengah van Gaal bakal memainkan Carrick dan Blind sejajar di lini tengah dengan di Maria di sisi kiri, dan sisi kanan diperebutkan oleh Juan Mata, Adnan Januzaj, dan Antonio Valencia. Jika benar seperti demikian, saya menjagokan Adnan Januzaj yang bakal dipih van Gaal, mengingat ia lebih berkompeten sebagai pemain sayap dan juga tampil memukau bersama Manchester United U-21. Pilihan kedua mungkin Antonio Valencia, yang juga seorang pemain sayap. Hanya saja gaya Valencia terlalu monoton, meski dari sisi defence bakal sangat membantu.

3. Memainkan pola fleksibel, 4-4-2 Flat saat bertahan dan 4-4-2 Diamond saat menyerang

Kemungkinan ketiga adalah menggunakan 2 pola diatas secara bersama-sama. Ketika diserang, Blind sejajar dengan Carrick dengan di Maria membantu Luke Shaw di sisi kiri dan Mata / Januzaj / Valencia membantu Rafael di sisi kanan. Dengan demikian van Persie bakal menjadi jembatan ketika MU melakukan serangan balik. Saat serangan dilakukan, MU bakal beralih pada pola 4-4-2 Diamond dengan Blind ikut membantu penyerangan. Jika pola seperti ini yang dipakai maka sepertinya pilihan bakal mengerucut pada 2 nama, yakni Juan Mata atau Adnan Januzaj, mengingat pergerakan keduanya lebih dinamis

Apapun pola yang digunakan, saya dan tentunya rekan-rekan pecinta MU berharap MU bisa segera terbebas dari badai cedera yang sedang dialami, serta mampu memperlihatkan permainan yang lebih baik dan memenangkan pertandingan-pertandingan yang dijalani.

#GGMU #MUFC

★☆ vanosilahoy.wordpress.com ☆★

GUNAKAN TAG ‘ #VanoMUFC ‘ UNTUK LEBIH MUDAH MENEMUKAN INFO TENTANG MANCHESTER UNITED DI BLOG INI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s