PEMAIN YANG MUNGKIN DIBUTUHKAN LOUIS VAN GAAL MUSIM DEPAN

BEK TENGAH
Belum cukup tangguh !! Mungkin itu adalah pernyataan yang tepat untuk menggambarkan lini belakang Setan Merah musim ini. Duet Chris Smalling – Phil Jones yang sejak 2011 lalu digadang-gadang bakal menjadi duet masa depan MU belum menunjukan konsistensi permainan. Keduanya masih mudah panik, serta rentan cedera. Meski tak dipungkiri saat berada dalam top form, mereka berdua sangat sulit ditembus. Keunggulan lain mereka adalah keduanya tangguh dalam duel-duel udara. Di awal musim ini, van Gaal mendatangkan Marcos Rojo dari Sporting Lisbon, yang ternyata lebih konsisten jika menempati posisi bek kiri.
Selain ketiga nama tadi, masih ada pula pilihan lainnya seperti Jonny Evans, Paddy McNair dan Tyler Blackett. Daley Blind dan Michael Carrick pun bisa ditempatkan di posisi ini, namun dengan beragam alasan, fans MU tentu tak bakal tenang melihat mereka menempati posisi ini.
Mungkin inilah solusinya :
(1) Mats Hummels (Jerman / Borussia Dortmund)
Kegagalan Borussia Dortmund lolos ke kompetisi Eropa musim depan, serta restu dari Jurgen Klopp bisa memuluskan langkah benteng tangguh Timnas Jerman ini ke MU. Apalagi menurut pengakuan Klopp, kapten Dortmund ini selalu memikirkan untuk hijrah ke Old Trafford. Hummels sendiri bisa memberikan ketenangan di lini belakang MU. Dikatakan demikian karena sang pemain punya jiwa kepemimpinan yang bagus, serta tenang saat mengawal pertahanan timnya.
(2) Joao Miranda (Brasil / Atletico Madrid)
Bek tangguh Atletico Madrid yang kini menjadi pilihan utama Dunga di Timnas Brasil ini bisa menjadi alternatif jika MU gagal memboyong Hummels. Gayanya yang tak kenal kompromi serta disiplin bisa mengokohkan pertahanan MU yang musim ini belum cukup tangguh.

BEK KANAN
Musim ini Antonio Valencia menjadi pilihan utama di posisi ini. Ia menyingkirkan Rafael da Silva ke bench. Masalah konsistensi dan cedera yang dialami bek asal Brasil ini kehilangan tempatnya. Sejujurnya saya masih berharap Rafael dipertahankan di musim depan, karena ia punya kemampuan yang cukup mumpuni untuk mengawal sisi kanan pertahanan skuad asuhan van Gaal. Hanya saja kemungkinan itu mungkin kecil, mengingat ia disebut-sebut tidak masuk dalam rencana LvG musim depan. Pilihan lain di posisi ini adalah Paddy McNair. Hanya saja ia belum cukup matang untuk berkiprah di kompetisi papan atas. Dengan demikian MU wajib mendatangkan pemain baru di posisi ini untuk melapis Valencia. Sesungguhnya bek kanan Porto asal Brasil, Danilo bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya saja ia telah resmi menjadi punggawa anyar Real Madrid di musim depan.
Mungkin inilah solusinya :
(1) Daniel Alves (Brasil / Barcelona)
Dipastikan bakal meninggalkan Catalan akhir musim ini, Dani kini masuk buruan Manchester United dan Paris Saint-Germain. Pengalamannya di Barcelona tentu membuat ia bakal mudah memahami filosofi van Gaal di MU. Kemampuannya masih cukup mumpuni dan bisa diandalkan. Dan yang terutama adalah ia bisa didatangkan gratis karena bakal berstatus free transfer di akhir musim.
(2) Nathaniel Clyne (Inggris / Southampton)
Kokohnya pertahanan Soton musim ini tak lepas dari perannya. Kokoh saat bertahan, dan juga tangguh saat membantu serangan menjadi kelebihannya. Keikutsertaan MU di Liga Champions musim depan bisa melapangkan jalan Clyne untuk mengikuti jejak rekannya Luke Shaw yang sudah lebih dulu hijrah ke Old Trafford.

GELANDANG TENGAH (TIPE BOX TO BOX) :
Saat ini LvG hanya memiliki 2 pemain dengan tipikal Box to Box, yakni Ander Herrera dan Maraoune Fellaini. Mungkin akan ditambah Tom Cleverley di akhir musim jika ia ditarik pulang setelah masa peminjamannya ke Aston Villa selesai. Jumlah ini tentu tidaklah cukup untuk mengarungi 4 kompetisi dengan jadwal yang padat. Memainkan Wayne Rooney di posisi ini pun bukan keputusan yang bijak, mengingat ia jauh lebih efektif jika menempati posisi aslinya sebagai striker. Untuk itu van Gaal harus menambah pemain baru di posisi ini untuk melapis duet Ander Herrera – Fellaini. Datangnya pemain baru juga tentu bakal menghadirkan persaingan yang tentu bakal meningkatkan kualitas pemain.
Mungkin inilah solusinya :
(1) Ilkay Gundogan (Jerman / Borussia Dortmund)
Masih patah hati dengan kompatriotnya Toni Kroos yang memilih hijrah ke Real Madrid, saya berharap MU mendatangkan Gundogan musim depan. Setipe dengan Ander Herrera, ia bakal menghadirkan persaingan sengit. Gelandang Jerman berdarah Turki ini tentu tak ingin kedatangannya ke Old Trafford hanya untuk menghangatkan bangku cadangan. Ia bakal membuktikan tak kalah dari Ander Herrera. Keuntungan lain adalah MU hanya akan nego dengan satu klub untuk dua pemain mengingat ia bisa didatangkan satu paket dengan Hummels.
(2) Rafael da Silva
Terdengar aneh, namun bukan tak mungkin. Rafael sejatinya adalah seorang fullback, tapi ia merupakan petarung yang tangguh, skill dan kecepatannya pun oke. Bekalnya sebagai bek bisa membuat dia bakal menjadi sulit dikalahkan di lini tengah. LvG pantas mencobanya di posisi ini.

Glory Glory Man. United !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s